https://papua.times.co.id/
Berita

Penyelenggaraan Haji 1445H Lancar, Menang RI: Terima Kasih Arab Saudi

Selasa, 25 Juni 2024 - 07:55
Penyelenggaraan Haji 1445H Lancar, Menang RI: Terima Kasih Arab Saudi Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (FOTO: MCH 2024 Kemenag RI)

TIMES PAPUA, MAKKAH – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menilai penyelenggaraan ibadah haji tahun 1445 H/2024 M berjalan dengan baik dan lancar. Ia memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas berbagai inovasi yang diinisiasi oleh Pemerintah Kerajaan Saudi Arabia dalam pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

"Terima kasih kepada Raja Salman dan Putra Mahkota Muhammad bin Salman atas kepemimpinan mereka yang kuat, sehingga seluruh rangkaian ibadah haji dapat berjalan dengan lancar," ujar Menag Yaqut Cholil Qoumas di Jakarta, Senin (24/6/2024).

“Atas nama Pemerintah Indonesia dan seluruh jemaah haji Indonesia, saya mengucapkan terima kasih atas seluruh pelayanan Pemerintah Kerajaan Saudi Arabia melalui Kementerian Haji dan Umrah kepada para jemaah haji, khususnya jemaah haji Indonesia,” lanjutnya.

Menag Yaqut Cholil Qoumas, yang kembali menjadi Amirul Hajj pada operasional haji 1445 H/2024 M, memimpin penyelenggaraan ibadah haji bagi 213.320 jemaah haji reguler.

Gus Men, panggilan akrabnya, menyaksikan langsung berbagai kebijakan dan inovasi yang diinisiasi oleh Saudi selama berada di Tanah Suci. Gus Men kembali ke Tanah Air pada 21 Juni 2024.

“Kami Pemerintah Indonesia juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas inovasi yang dilakukan Kementerian Haji dan Umrah di bawah kepemimpinan Menteri Haji dan Umrah Tawfiq F. Al Rabiah, seperti terbitnya Smart Card atau Nusuk Card yang dapat membedakan jemaah haji yang authorized dan unauthorized,” sebut Menag.

“Di Arafah, Muzdalifah, dan Mina semuanya berjalan lancar karena hanya jemaah haji resmi yang bisa menjalani ibadah dengan baik,” tambahnya.

Menag Yaqut juga menyampaikan apresiasi atas pemberian fasilitas fast track oleh Pemerintah Arab Saudi. Fast track merupakan fasilitas pre-clearance atau pemeriksaan dokumen keimigrasian, seperti visa dan paspor, yang dilakukan oleh Keimigrasian Pemerintah Arab Saudi di Indonesia. Dengan fasilitas ini, jemaah bisa langsung menuju bus ke hotel setibanya di Bandara Madinah atau Jeddah.

Sebelumnya, layanan fast track hanya diberikan untuk jemaah yang berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta. Tahun ini, Indonesia mendapatkan tambahan fasilitas fast track di Bandara Adi Soemarmo Solo dan Djuanda Surabaya.

“Fast track ini jelas sangat membantu, alhamdulillah. Atas nama Pemerintah Indonesia, sekali lagi kami sampaikan terima kasih,” terang Gus Men.

Menag Yaqut juga memberikan apresiasi atas kerja sama layanan kesehatan yang diberikan Pemerintah Saudi.

Menurutnya, rumah sakit Kerajaan Saudi Arabia sangat responsif terhadap jemaah haji Indonesia yang memerlukan pertolongan cepat.

Aparat keamanan Arab Saudi juga mendapat perhatian khusus dari Gus Men. Ia mengapresiasi sikap aparat keamanan yang humanis dan ramah terhadap jemaah haji Indonesia.

"Mudah-mudahan ini akan terus dipertahankan dari waktu ke waktu," harapnya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Gus Men atas lancarnya komunikasi antara Pemerintah Saudi Arabia dan Pemerintah Indonesia.

“Lancarnya komunikasi ini membantu keluarga jemaah haji Indonesia untuk mengetahui kondisi sebenarnya yang terjadi di Arab Saudi dan meng-update segala perkembangan yang dilakukan Pemerintah Saudi,” tegasnya. (*)

Pewarta : Imadudin Muhammad
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Papua just now

Welcome to TIMES Papua

TIMES Papua is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.