TIMES PAPUA, PAPUA – Pemerintah Kota atau Pemkot Jayapura, Papua memastikan Tes Kemampuan Akademik (TKA) di SMA/SMK berjalan dengan lancar.
Wakil Wali Kota Jayapura Rustan Saru di Jayapura, mengatakan TKA merupakan bagian dari program evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh pemerintah daerah setempat untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran yang telah diberikan di sekolah.
"Tujuan utama TKA adalah untuk menilai kemampuan siswa dalam memahami pelajaran yang diberikan guru di kelas serta bagaimana mereka mampu mengimplementasikan dalam bentuk tes," katanya, Selasa (4/11/2025).
Menurut Rustan, pelaksanaan TKA juga menjadi langkah awal persiapan siswa menuju pendidikan tinggi agar para siswa dapat memilih jurusan sesuai dengan kemampuan dan minat.
Pihaknya telah melaksanakan pemantauan pelaksanaan TKA di SMK Negeri 5 Kota Jayapura dan SMA Muhammadiyah.
"Di SMK Negeri 5 terdapat 66 siswa yang mengikuti ujian sedangkan di SMA Muhammadiyah ada 162 siswa," ujarnya.
Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah Jayapura Suroto mengatakan pihaknya telah mempersiapkan pelaksanaan TKA dengan baik sehingga para siswa dapat mengikuti dengan lancar.
Dia menjelaskan tahun ini SMA Muhammadiyah mengikutsertakan 162 siswa yang dibagi dalam dua gelombang di mana hari pertama diujikan mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
"Sementara di hari kedua siswa mengikuti dua mata pelajaran pilihan sesuai minat dan bakat masing-masing," ujarnya.
Dia menambahkan bahwa Tes Kemampuan Akademik (TKA) ini berfungsi sebagai validasi nilai rapor dan sebagai dasar penentuan arah studi siswa ke jenjang perguruan tinggi.
"Melalui hasil TKA kami dapat melihat kemampuan siswa dan guru dalam proses pembelajaran," ujarnya.
Dia mengatakan tes ini juga membantu mengarahkan siswa untuk memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan mereka di perguruan tinggi. (*)
Artikel ini sebelumnya sudah tayang di TIMES Indonesia dengan judul: TKA SMA/SMK di Jayapura Dipastikan Berjalan Lancar
| Pewarta | : Antara |
| Editor | : Deasy Mayasari |