https://papua.times.co.id/
Gaya Hidup

Memetik Khasiat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan

Kamis, 11 April 2024 - 17:27
Memetik Khasiat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan Daun jambu biji memiliki banyak khasiat untuk kesehatan (Foto: Freepik)

TIMES PAPUA, JAKARTA – Jambu biji merupakan salah satu tanaman yang banyak ditemui di negeri tropis seperti Indonesia. Tak hanya buahnya, daun jambu biji ternyata punya ragam khasiat untuk kesehatan

Daun jambu biji diketahui memiliki kandungan antioksidan, agen anti-inflamasi, antibakteri dan bahkan tanin yang bermanfaat signifikan bagibkesehatan, mulai mengobati masalah perut hingga penyakit kronis seperti kanker.

Sama seperti buahnya yang dapat dibuat menjadi minuman, selai dan makanan lain, daunnya pun juga bisa dimanfaatkan. Mereka dapat diseduh untuk membuat teh daun jambu biji.

Studi ilmiah telah  mendokumentasikan kualitas menyehatkan dari daun superfruit ini dan Anda dapat melihat apa yang telah mereka temukan untuk berbagai kondisi di bawah ini:

Diare

Minum teh daun jambu biji, mengambil ekstraknya sebagai kapsul atau menambahkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam secangkir air hangat dapat membantu melonggarkan usus untuk mengobati diare.

Dalam sebuah penelitian tahun 2008 yang diterbitkan dalam Journal of Smooth Muscle Research, para peneliti berusaha untuk menguji sifat anti-diare daun jambu biji pada tikus.

Mereka menemukan bahwa ekstrak tersebut dapat menunda timbulnya diare yang disebabkan oleh minyak jarak, mengurangi frekuensi buang air besar dan mengurangi keparahan diare pada tikus. Ilmu ini layak digunakan sebagai obat alami untuk mengelola dan mengendalikan diare.

Kegemukan atau Obesitas

Sementara jambu biji kaya akan serat dan memiliki indeks glikemik rendah, menjadikannya suplemen yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Caranya dengan menghambat pati kompleks agar tidak berubah menjadi gula.

Biasanya, gula dimetabolisme oleh hati di mana ia berubah menjadi lemak, dan kemudian disekresikan ke dalam darah. Inilah yang berkontribusi terhadap kenaikan berat badan.

Diabetes

Kandungan serat yang tinggi dalam jambu biji dapat membantu mengelola diabetes dengan memperlambat penyerapan gula dalam darah. Tetapi ekstrak daun jambu biji dapat mencegah diabetes tipe 2, menurut sebuah studi 2010 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Metabolism.

Penulis penelitian menggunakan teh daun jambu biji yang telah disetujui sebagai salah satu Makanan untuk Penggunaan Kesehatan Tertentu, dan sekarang tersedia di Jepang. Ini menekankan pentingnya komitmen untuk mengelola kadar gula darah dapat mencegah diabetes tipe 2.

Kolesterol Tinggi

Mengkonsumsi secara teratur daun jambu biji selama berbulan-bulan dapat membantu mengurangi LDL (jahat) kolesterol dan trigliserida tanpa efek samping, menurut penelitian 2010 yang disebutkan sebelumnya dari Nutrition and Metabolism.

Mengonsumsi buah juga dapat memberikan manfaat yang sama dengan daun jambu biji, karena hanya memiliki 0,1 gram lemak jenuh dan 0,2 gram lemak tak jenuh. Dengan kadar lemak yang begitu rendah, tidak heran jambu biji membantu mengurangi kolesterol.

Kanker Lambung

Ekstrak daun jambu biji sangat kuat sehingga memiliki potensi untuk mengobati pasien dengan kanker lambung. Sifat antikanker dan antitumornya berasal dari senyawa, seperti likopen, kuersetin, dan vitamin C, yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menetralisir kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh.

Menggunakan jambu biji dalam bentuk minyak atsiri juga dapat menghasilkan aktivitas antikanker dalam tubuh.

Sebuah studi kesehatan tahun 2006 yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Letters mengungkapkan minyak atsiri jambu biji dapat memperlambat aktivitas kanker pada pasien kanker lambung. (*) 

Pewarta : Sholihin Nur
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Papua just now

Welcome to TIMES Papua

TIMES Papua is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.