Berita

[CEK FAKTA] Kopi Kenangan Bagikan Hadiah di Ultah ke-30 Tahun

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:01
[CEK FAKTA] Kopi Kenangan Bagikan Hadiah di Ultah ke-30 Tahun Sebuah tautan atau link berhadiah dari Kopi Kenangan.

TIMES PAPUA, JAKARTA – Sebuah informasi berisi tautan atau link berhadiah dari Kopi Kenangan beredar di media sosial. Informasi tersebar secara berantai di sejumlah WhatsApps Grup (WAG). Dalam tautan itu disebutkan bahwa Kopi Kenangan akan membagikan hadiah pada ulang tahun ke-30.

Hadiah ini meliputi 1000 unit jam tangan pintar dan perangkat seluler. Namun, setelah dibuka lebih lanjut, calon pemenang akan diminta untuk mengisi survei pada laman  Kopi Kenangan itu. Website pada link tersebut juga menyematkan narasi sebagai berikut:

“Perayaan ulang tahun ke-30

Banyak hadiah yang sangat indah, serta lebih dari 1000 unit jam tangan pintar dan perangkat seluler

Yang harus Anda lakukan adalah membuka kotak kado yang benar.

Anda telah mencoba 3 kali, semoga berhasil!”

cek fakta Kopi Kenangan 3

Berikut tautan atau link yang tersebar di media sosial WhatsApps:

https://kopikenangan.shop/discount/?t=1623966393868

cek fakta Kopi Kenangan 2Sumber: Tangkapan layar WhatsApp

CEK FAKTA

Hasil penelusuran TIMES Indonesia informasi terkait tautan berhadiah dari Kopi Janji Jiwa tidak benar. Sebab, tidak ada informasi resmi yang menyebutkan bahwa Kopi Kenangan akan bagikan hadiah pada ulang tahunnya ke-30.

Menurut penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia, melalui mesin pencari ditemukan bahwa informasi ini merupakan informasi yang salah. Pihak resmi Kopi Kenangan melalui akun Instagram resmi,  @kopikenangan.id ditemukan informasi bahwa hadiah 1000 unit jam tangan pintar dan perangkat seluler dalam rangka perayaan ulang tahun Kopi Janji Jiwa ke-30 tahun merupakan hoaks.

Pihak Kopi Kenangan juga menginformasikan bahwa segala bentuk kegiatan (Event, Giveaway, Kuis, dll) hanya diselenggarakan di akun Instagram resmi @kopikenangan.id serta untuk berhati-hati dalam segala jenis penipuan.

cek-fakta-Kopi-Kenangan-4.jpgSumber: Tangkapan layar Instagram/@kopikenangan.id

KESIMPULAN

Menurut hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi mengenai tautan berhadiah dari Kopi Kenangan, merupakan informasi yang salah. 

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tentang tautan berhadiah dari Kopi Janji Jiwa dalam kategori Fabricated Content (konten palsu).

Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

Pewarta : Imadudin Muhammad
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Papua just now

Welcome to TIMES Papua

TIMES Papua is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.