Berita

Presiden RI Jokowi Resmikan Tol Kayu Agung Palembang

Selasa, 26 Januari 2021 - 16:12
Presiden RI Jokowi Resmikan Tol Kayu Agung Palembang Presiden RI Jokowi saat meresmikan jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung Ruas Kayu Agung-Palembang, pada Selasa (26/01/2021). (FOTO: Setkab RI)

TIMES PAPUA, JAKARTAPresiden RI Jokowi meresmikan jalan tol Kayu Agung - Palembang - Betung ruas Kayu Agung-Palembang, Selasa (26/1/2021). Peresmian dilakukan di Gerbang Tol Kramasan, Ogan ilir, Sumatra Selatan.

"Jalan tol Kayu Agung-Palembang sepanjang 42,5 kilometer sudah selesai, sudah rampung dan siap untuk digunakan pada hari ini," kata Jokowi.

Tol Kayu Agung Palembang 2

Kepala negara mengatakan, jalan tol ini adalah poros terpenting dari jalan tol Trans Sumatra dan menjadi poros utama Sumatra bagian selatan, sebagai ruas terakhir yang menghubungkan Pelabuhan Bakauheni, Lampung dengan Palembang, Sumsel.

Dengan selesai dan beroperasinya jalan tol ini, maka akan memangkas waktu tempuh Pelabuhan Bakauheni - Palembang sejauh 373 kilometer tersebut.

"Ini saya mendengar biasanya ditempuh 12 jam perjalanan darat, sekarang hanya perlu waktu 3-3,5 jam. Ini akan menjadi sebuah lompatan besar karena menghemat waktu tempuh hingga 75 persen," ujarnya.

Hal tersebut, akan menurunkan biaya logistik yang tentu saja dapat meningkatkan daya saing daerah yang terhubung.

"Efisiensi ini jelas akan memberikan kontribusi pada penurunan biaya logistik dan akan memberikan competitiveness/daya saing yang besar bagi Palembang (dan) bagi Lampung," katanya.

Tol Kayu Agung Palembang 3

Ruas Tol Kayu Agung-Palembang (Kramasan) merupakan bagian dari jaringan jalan tol Kayu Agung-Palembang-Betung.

Jalan tol ini telah terhubung dengan jalan tol Trans-Sumatera lainnya, yakni TPPK (Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung) yang telah diresmikan Presiden pada 15 November 2019 silam.

Dengan demikian Provinsi Lampung kini telah semakin terkoneksi dengan Provinsi Sumatra Selatan. Selanjutnya, dari Betung direncanakan akan tersambung dengan Provinsi Jambi.

Secara keseluruhan panjang jalan tol Kayu Agung - Palembang - Betung adalah 111,69 kilometer, yang pengerjaannya dilakukan oleh BUMN Waskita Karya. Pada ruas jalan tol ini terdapat jembatan Ogan dengan panjang 1,675 kilometer. Tol tersebut pun sudah diresmikan Presiden RI Jokowi. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Papua just now

Welcome to TIMES Papua

TIMES Papua is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.